Jumat, 04 Desember 2009

Belajar Jaringan Linux

Barang siapa yang ingin mencoba sesuatu yang belum pernah dilakukan maka orang tersebut akan mempunyai kebanggaan tersendiri?Met coba





lagi2 gw muncul nihh,dengan membawa linux slackware12 yg ribet abiiizz..wkwk..



nah kalo kemaren2 kan gw dah bahas tuh gmn ribetnya install openoffice,wong mau ngetik ja susah..kali ini akan gw bahas satu hal yg gak kalah ribetnya dalam kita memakai linux (mending pke windows aje yeee..) yaitu gmn seh setting jaringan di linux..gni nih caranya :



1. gw kan tunjukin gmn setting IP di linux (gw pke slackware..) :



#ifconfig [eternet][spasi][ip_anda][spasi][netmask][spasi][broad_cast]



#ifconfig eth0 192.168.123.35 netmask 255.255.255.0



2 terus kalo untuk aktipin tinggal nambahin up atau down ja di akhir perintah..



#ifconfig eth0 192.168.123.35 netmask 255.255.255.0 up



3. Nah terus kalo di tempat loe ada gateway-nya perintah buat gateway like this:



#route[spasi]add[spasi]default[spasi]gateway[spasi]ip_gateway



#route add default gateway 192.168.123.1



4. Oiya kalo mau permanen artinya setiap kali booting IP kita tetep km tambahin ja di /etc/init.d/boot.local atau di /etc/rc.d/rc.local



5. nah kalo dah ke setting semua silakan ping agar tau apakah kita telah terhubung dengan jaringan :



#ping 192.168.123.1



6. Nah selamat terhubung dengan jaringan yaaaa….oiya selamat berpusing2 ria menggunakan linux,kalo masih bisa pake windows mending pake windows aja deeh,cz capek kalo pake linux…hehe…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar